Maret 11, 2009

Amankan Komputer Anda dari Spyware!

Anda pernah dengar kata spyware?
Ketika Anda surfing internet tiba-tiba muncul pop-up windows, seperti iklan berupa animasi. Nah, itu adalah salah satu spyware. Istilah Spyware berasal dari dua kata spy (=mata-mata) dan ware (=alat,perangkat) jadi secara harafiah spyware dapat diartikan sebagai perangkat atau alat yang digunakan untuk memata-matai.
Spyware sebenarnya adalah program kecil yang bekerja secara otomatis yang memata-matai kegiatan online kita pada saat kita browsing internet lalu mengirimkan hasil pantauannya ke host server spyware tersebut. Jenis spyware sangat banyak, ada yang hanya bertugas merotasi tampilan iklan pada software, ada yang menyadap informasi konfigurasi komputer kita dan sebagainya.
Spyware adalah program jahat yang sengaja dibuat oleh orang yang tidak bertanggung jawab, dapat merusak computer, mencuri bandwidth internet dan memperlambat kinerja computer Anda, menyadap username dan pasword yang kita gunakan saat online.Darimana mereka datang ke komputer kita. Banyak cara yang dilakukan oleh mereka, Diantaranya melalui software gratisan (Freeware dan Shareware), juga dari situs internet yg kita kunjungi dimana secara diam-diam mereka menginstalkan dirinya sendiri ke komputer kita tanpa kita ketahui sama sekali.

Kenapa mereka bisa mengganggu kinerja komputer kita?
Tentu saja karena mereka bekerja terus menerus (terutama saat kita online atau ketika menggunakan browser) dan beberapa malah mengubah/mengganti file-file system windows yg asli dengan file-file mereka yang dapat menambah beban kerja windows yang normal.Tips untuk menangkal spyware adalah dengan memasang software anti-spyware yang bisa di-download gratis dari Internet.
Salah satu software yang tebukti ampuh mengatasi spyware adalah Ad-Ware 2009 dari Lavasoft. Ad-Aware memberikan perlindungan dari Spyware dikenal termasuk: Data-mining, aggressive advertising, Parasit, Scumware,tradisional Trojans, dialer, Malware, Browser hijackers dan lainnya.
Dengan rilis Ad-Aware SE Personal Edition, Lavasoft dapat memerangi Spyware ke tingkat berikutnya. Dengan Lavasoft's dan teknologi Code Sequence Identification (CSI) yang baru , Anda tidak hanya dapat terlindung dari konten yang dikenal, tetapi juga perlindungan terhadap banyak varian yang belum diketahui.
Untuk melindungi Anda, Ad-Aware SE Personal Edition juga memiliki kemampuan untuk memindai dan menampilkan Data Streaming Alternatif (ADS) pada NTFS. Dikombinasikan dengan mesin baru pemindaian, Ad-Aware SE akan memindai komputer Anda lebih cepat dan lebih teliti dibandingkan sebelumnya!
Untuk download Lavasoft Ad-Aware Personal Edition klik di sini.

Artikel terkait: http://itcenter.or.id/mt/gen_art/000195.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar