Februari 12, 2009

Membuat RSS Feed untuk blog Blogger menggunakan layanan FeedBurner

Bila Kamu punya blog di www.blogger.com, untuk memudahkan orang lain mengetahui adanya postingan baru di blog kamu, maka diperlukan layanan RSS Feed. RSS Feed adalah singkatan dari (Really Simple Syndication) yang memungkinkan orang lain berlangganan postingan baru dari suatu blog atau situs web tanpa mengunjungi halaman blog atau situs web tersebut. Untuk membuat layanan RSS Feed menggunakan layanan FeedBurner ikutilah langkah-langkah di bawah ini:
1.Buka situs www.FeedBurner.com di Browser ewb kamu, kemudian klik Get Started FeedBurning now.

2.Masukkan alamat web atau blog kamu pada form "Ready to Burn?" yang dijumpai pada homepage FeedBurner.com dan di bagian bawah halaman pada bagian Blog dan Podcast. Jika kamu berencana untuk menggunakan ‘podcast’ pada blogger feed kamu, centang kotak "I am a podcaster". Klik Next».




akan tampil halaman ‘Identify Feed Source’.

3.Pada "Welcome", pastikan judul dan alamat FeedBurner (URL) dari feed yang kamu tentukan sudah benar. Misalnya seperti dibawah ini.




Selanjutnya muncul halaman Create or Sign In To Your FeedBurner Account.

4.Pada halaman ini, akan dibuat akun FeedBurner dengan mengambil nama pengguna (username) dan kata kunci (password) yang telah kamu pilihdan akan dikirimkan kealamat email kamu.

Setelah Kamu mengisi semua informasi yang dibutuhkan pada halaman ini klik Activate Feed ». Halaman "Congrats" akan muncul.

5.Bacalah semua informasi yang terdapat pada "Congrats", kemudian klik Next» untuk melanjutkan proses setup.

6.Jika kamu memilih "I am a podcaster" pada homepage, opsi konfigurasi untuk ‘SmartCast’ akan muncul. Disini kamu dapat mengisi kategori dan informasi lainnya untuk iTunes, tambahkan pesan hak cipta (copyright) dan submit podcast kamu ke Yahoo! Search.



Apabila telah selesai, Klik Next ». Opsi Konfigurasi untuk FeedBurner akan terlihat.

7.Pada halaman statistik konfigurasi, pilih rincian statistik level feed yang kamu inginkan.




Klikk Next» untuk mengakhiri proses pengaturan dan masuk ke interface pengelolaan feed dari FeedBurner.

Sekarang kamu selesai membuat feed menggunakan layanan FeedBurner yang tersedia di blog Blogger kamu!

Mengarahkan ‘Blogger feed’ blog kamu ke ‘FeedBurner feed’

Blogger (http://www.Blogger.com) dapat mengarahkan semua ‘traffic feed’ ke posting blog kamu melalui FeedBurner. Hal ini akan membantu FeedBurner dimana semua permintaan ke feed asli (Original Feed) diarahkan ke FeedBurner.

Untuk mengarahkan feed kamu ikuti langkah-langkah berikut ini:
1.Pada jendela baru browser yang kamu pakai, masuk masuk ke akun Blogger kamu.
2.Dari Dasbor Blogger, klik Pengaturan untuk blog yang akan kamu promosikan. Selanjutnya halaman pengaturan dari blog yang kamu pilih akan muncul.
3.Klik link Feed Situs di bawah tab Pengaturan.



4.Ketik alamat lengkap feed dari FeedBurner ke field Post Feed Redirect URL. Dan pastikan mengetik seluruh alamat feed termasuk http:// seperti contoh di bawah ini.



5.Klik Save Settings.Kamu akan melihat pesan "Settings were Saved Successfully".

6.Sekarang Blogger akan mengarahkan (redirect) semua feed traffic untuk blog kamu ke FeedBurner feed.

Salam sukses!! ;-)

3 komentar: